Minggu, 07 Februari 2016

Manfaat Tempat Sampah 3 In One dan Jenis Sampahnya

Tempat sampah 3 in one adalah salah satu bentuk tempah sampah yang bisa Anda temui dimana-mana, terutama di pinggir jalan besar. Tempat sampah jenis ini merupakantempat sampah yang cukup lengkap fasilitasnya karena bisa menampung berbagai jenis sampah yang harus diatur sedemikian rupa lalu dimasukkan ke tempat terpisah. Dari semua jenis tempat sampah apapun, kesemuanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menampung sampah-sampah yang bersifat sementara. Adapun dari beberapa jenissampah yang umum diketahui adalah sampah yang terbuat dari bahan kering, bahan basah, pecahan kaca, dan pecahan logam. Mengapa sampah-sampah ini harus ditampung? Supaya nantinya ketika semua sampah dibuang ke tempat pembuangan akhir, ada beberapa jenis sampah yang masih bisa dimanfaatkan untuk didaur ulang.
Tiga jenis warna tempat sampah
Tempat sampah yang bisa disebut juga sebagai tempat sampah 3 warna ini juga memiliki 3 warna berbeda yaitu warna merah, kuning, dan hijau. Pengelompokkan ini dilakukan supaya jenis-jenis sampah yang ada bisa dikelompokkan sesuai dengan warna tempah sampah yang ada. Hal ini juga sudah diatur oleh Perda no.3 tahun 2013. Pasal ini adalah pasal yang mengatur tentang kriteria warna dan jenis sampah bahwa keduanya diatur sebagai berikut; tempat sampah warna hijau berisi jenis sampah organik, sedangkan tempatsampah warna kuning adalah tempat sampah yang menampung jenis sampah anorganik, dan warna terakhir yaitu tempat sampah yang memiliki warna merah adalah tempatsampah yang menampung jenis sampah yang terbuat dari bahan berbahaya dan beracun seperti contoh sampah rumah tangga.
Keberadaan tempat sampah 3 in one
Di Jakarta, ada sekitar 7000 tempat sampah yang disebarkan oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta mulai dari kawasan Pancoran sampai Gatot Subroto. Disana ada puluhan jenis tempat sampah yang memiliki 3 warna berjajar rapi. Karena tempat-tempat sampah tersebut disebar di pinggir jalan yang mudah diakses oleh masyarakat, maka tidak ada lagi alasan untuk membuang sampah sembarangan. Ada banyak efek negatif yang didapatkan jika Anda membuang sampah sembarangan yaitu menganggu keindahan lingkungan, merusak lingkungan, dan juga etika sosial yang dipertanyakan, bagaimana bisa menghargai orang kalau menghargai sampah saja belum bisa. Keberadaan tempatsampah 3 in one tentunya sangat membantu Anda dan petugas sampah untuk bisa memilah-milah sampah dengan lebih cepat sehingga kebersihan lingkungan bisa terus terjaga dengan baik.
Jenis-jenis sampah
Untuk mengenal lebih lanjut mengenai jenis-jenis sampah, berikut ini adalah ulasannya. Jenis sampah yang pertama adalah sampah organik. Barang-barang yang sudah tidak digunakan oleh pemilik barang biasanya memiliki dua pilihan, kalau tidak dibuang ya didaur ulang. Kalau memilih untuk didaur ulang, pastikan bahwa Anda mengtahui bagaimana cara mendaur ulang sampah yang baik dan benar agar Anda tidak menambah pencemaran lingkungan yang sudah ada. Namun apabila Anda memilih untuk langsung membuangnya, maka Anda bisa mengolah sampah organik yaitu sampah yang mengalami proses pelapukan dan bisa terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau.  Adapun contoh sampah organik yang bisa dengan mudah ditemui adalah daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, sampah sayur mayur, sampah buah, sampah ikan, dan sampah-sampah yang bahan dasarnya terbuat langsung dari alam.
Jenis sampah yang kedua adalah sampah anorganik. Sampah ini adalah sampah yang sulit diurai oleh bakteri dan membutuhkan waktu yang lama untuk diproses hingga ratusan tahun lamanya. Adapun contoh dari sampah anorganik adalah sampah industri seperti plastik yang masih banyak digunakan oleh masyarakat. Sampah-sampah seperti inilah yang membuat lingkungan semakin rusak.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar